logo badilberakhlak

 

 

 

 

 

Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kenalkan Aplikasi SATU JARI ke OPDAT Kementerian Kehakiman Amerika Serikat

Pada hari Rabu, 29 Mei 2024, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI menerima kunjungan dari Kantor Pengembangan, Bantuan dan Pelatihan Kerjasama Luar Negeri (Office of Overseas Prosecutorial Development, Assistance and Training, OPDAT) Kementerian Kehakiman Amerika Serikat (United States Department of Justice, USDOJ), dalam rangka bertukar pengalaman dan menjalin kerja sama terkait pengamanan persidangan. Delegasi dariKementerian Kehakiman Amerika Serikat ini dipimpin oleh Tomika S. Patterson dan Bruce Miyake (Penasihat Hukum Tetap pada Departemen Kehakiman Amerika Serikat) yang diterima langsung Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.H., M.H.

Selepas diskusi di ruang kerja Dirjen Badilum, rombongan OPDAT  Kementerian Kehakiman Amerika Serikat meninjau Command Center Ditjen Badilum. Di ruang ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.H., M.H. memaparkan aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi (SATU JARI). Aplikasi SATU JARI ini digunakan oleh DItjen Badilum untuk pengawasan terhadap kinerja pengadilan tinggi dan pengadilan negeri.

Dengan aplikasi SATU JARI, para pimpinan Mahkamah Agung RI dapat memantau penyelesaian perkara, pelaksanaan mediasi hingga eksekusi yang dilakukan oleh satuan kerja di daerah. Data aplikasi SATU JARI kemudian dapat dijadikan pertimbangan untuk promosi dan mutasi tenaga teknis pengadilan. Pada presentasi tentang aplikasi SATU JARI ini hadir pula Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Dr. Rudi Suparmono, S.H., M.H. dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Muhammad Arif Nuryanta, S.H., M.H.

Para tamu dariOPDAT  Kementerian Kehakiman Amerika Serikat memberikan apresiasi terhadap aplikasi SATU JARI ini, yang dapat memberikan transparansi dan akuntabilitas pada pelaksanaan pelayanan di pengadilan tinggi dan pengadilan negeri, serta meningkatkan pengawasan pada para hakim dan pegawai pengadilan. Mengakhiri kunjungannya, para tamu bertukar cindera mata dengan Dirjen Badilum.

~ IMG_6313.JPG

 ~ IMG_6329.JPG

~ IMG_6306.JPG

~ IMG_6322.JPG

 ~ IMG_9040.JPG

~ IMG_9060.JPG

~ IMG_9016.JPG

~ IMG_9009.JPG

~ IMG_9019.JPG

~ IMG_9066.JPG