Pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI pada Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu

 Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,SH.,MH menghadiri dan memberikan pembinaan pada kegiatan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu pada Peegadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi yang diselenggarakan pada hari Rabu, 7 April 2021.

SAMBUTAN KETUA ma.png

Ketua Mahkamah Agung mengapresiasi satuan kerja yang berhasil mendapat akreditasi A, dan meminta agar satuan kerja yang masih mendapat nilai B atau bahkan DIsclaimer untuk segera meningkatkan kinerja pada satuan kerjanya masing-masing.

Selain itu, beliau meminta pihak peradilan umum untuk menindaklanjuti laporan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menemukan beberapa permasalahan, yaitu:

  1. Regulasi dan kebijakan yang mengatur mutasi belum memadai
  2. Prose minutasi belum sesuai prosedur supervisi SIPP
  3. Prosedur pengajuan banding belum sesuai

 Beliau juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi pada mediator di pengadilan negeri yang berhasil meningkatkan kesuksesan mediasi para pihak berperkara, sehingga dapat menyelesaikan perkara yang menguntungkan kedua pihak.

Dalam kesempatan ini, beliau juga meminta agar para aparat pengadilan aktif memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu kinerja. Beliau memberi contoh pelaksanaan surveilan akreditasi yang dapat dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi, dengan menggunakan pertemuan secara darin (online).

IMG_7306.jpg