logo badilberakhlak

 

 

 

 

 

Dirjen Badilum: Penyusunan Anggaran di Pengadilan Harus Bertanggung Jawab dan Berkualitas

Dalam rangkaian kunjungan kerja di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat pada hari Kamis, 25 Mei 2023, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, SH, MH, berkesempatan bertemu dan memberikan pengarahan pada para sekretaris pengadilan tinggi seluruh Indonesia pada kegiatan di Hotel Grand Mercure Setiabudi Bandung.

Kepada para sekretaris pengadilan tinggi, Dirjen Badilum mengingatkan bahwa pelaksanaan tugas di pengadilan tidak akan dapat berjalan tanpa 3M yaitu man (sumber daya manusia), money (dana) dan material yang cukup. Karena itu, sekretaris pengadilan memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam kesuksesan pengadilan dengan  menyediakan kebutuhan ini melalui anggaran satuan kerja.

Tanggung jawab ini dimulai dari penyusunan anggaran, misalnya dengan tidak hanya menyalin anggaran tahun sebelumnya, namun menyesuaikan dengan kebutuhan satuan kerja pengadilan terbaru dan tidak mengandalkan revisi anggaran jika kebutuhan tidak sesuai dengan perencanaan. Banyaknya revisi anggaran ini menurut  Dirjen Badilum menunjukkan perencanaan yang tidak bagus di satuan kerja.

Dirjen Badilum juga mengkritik masih ada satuan kerja yang penyusunan rencana anggarannya tidak berubah, meski jumlah pegawai, perkara yang ditangani dan kondisi gedung sudah berubah. Hal ini menunjukkan satuan kerja tersebut tidak menjalankan fungsi perencanaan dengan baik.

Mengenai pelaksanaan anggaran, Dirjen Badilum mengingatkan agar satuan kerja dapat bekerja maksimal, dan meningkatkan penyerapan anggaran agar tidak ada lagi satuan kerja yang memiki serapan rendah. Pada tahun 2022 lalu, Badan Peradilan Umum masih harus memberikan teguran bagi satuan kerja pengadilan negeri yang penyerapan anggarannya kurang dari 95%.  Dirjen Badilum menyebut bahwa memang tidak mudah menyusun dan melaksanakan anggaran, namun hal ini merupakan tanggung jawab para sekretaris dan bentuk pengabdian pada instansi serta pada para pencari keadilan.

Di akhir sesi pembinaan, Dirjen Badilum berkesempatan untuk berdiskusi dengan para sekretaris pengadilan tinggi, yang berbagi dan menyampaikan pengalaman di satuan kerja masing-masing.

IMG_9869.jpg

IMG_9859.jpg

IMG_9870.jpg

IMG_9883.jpg

IMG_9891.jpg

IMG_9924.jpgIMG_9927.jpg